Minggu, 01 Maret 2015

Doktrin Aqidah Salafiyah

Doktrin Aqidah Salafiyah



A. PENDAHULUAN 
Dalam realita yang ada banyak aliran-aliran teologi yang bermunculan di Indonesia. Aliran-aliran tersebut muncul karena adanya ketidakpuasan tentang pemahaman konsep teologi, yang menyebabkan banyaknya aliran-aliran muncul dan memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Perbedaan-perbedaan konsep teologi itulah yang kadang menyebabkan pertentangan atau perdebatan yang hebat.mereka saling adu argumentasi untuk saling menguatkan konsep mereka.
Dalam makalah ini, akan dibahas tentang salah satu aliran teologi islam, yaitu aliran Salafiyah (tradisional), tentang  konsep teologi  atau ketuhanan yang mereka anut. 
B. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana latarbelakang munculnya aliran Salafiyah?
2. Siapa tokoh-tokoh gerakan Salafiyah?
3. Bagaimana pokok-pokok pemikiran Salafiyah?
C. PEMBAHASAN
1. Munculnya aliran Salafiyah
  Salaf artinya terdahulu dan Ahlu Salaf adalah orang-orang yang terdahulu. Ada yang mengatakan bahwa mereka adalah sahabat-sahabat Nabi dan golongan Muhajirin dan Anshar yang mengikuti Sunnah Nabi. Hal ini didasarkan pada QS. Al Taubah ayat 100.
  Orang-orang yang terdahulu (Muhajirin dan Anshar yang pertama) dan mereka mengikuti orang-orang itu dalam segala kebaikannya, semua diridhai Allah dan mereka pun ridha kepada Allah, yang menyediakan bagi orang-orang itu surga, dengan sungai-sungai yang mengalir simpang siur, semua mereka akan abadi menempatinya. Itulah suatu kejayaan yang besar
  Makna lain Salafiyah berasal dari kata bahasa Arab yaitu Salaf yang berarti terdahulu, yang dimaksud dengan salaf disini adalah jalan orang-orang terdahulu semasa dengan Rasul Saw, para sahabat, dan tabiin. Mereka sering pula disebut salaf al-shalihin yang berarti orang-orang saleh terdahulu. Sedangkan Salafiyah berarti orang-orang yang mengikuti salaf.
Aliran Salafiyah adalah suatu aliran keagamaan yang berpendirian untuk dapat memulihkan kejayaan umat Islam agar kembali kepada ajaran Islam yang masih murni seperti dahulu yang diamalkan oleh Nabi, sahabat, dan tabiin. Karena aliran ini menganggap bahwa beberapa aliran, yaitu Syi’ah, Mu’tazilah maupun Ahlus Sunnah tidak dapat lagi membatasi diri di dalam agama, aliran tersebut dianggap telah mengadakan hal-hal baru, baik dalam masalah ibadah maupun aqidah yang sama sekali tidak pernah diamalkan pada zaman Nabi maupun sahabat.
 Aliran ini sebenarnya sudah ada dan menjadi kepercayaan pengikut-pengikut Ahmad bin Hambal pada abad keempat dan kelima Hijriyah
2. Tokoh-Tokoh Gerakam Salafiyah
Pada dasarnya ulama-ulama salaf tidak mempermasalahkan apa yang tersirat dalam al-Quran atau hadis. Mereka hanya mengimani apa yang tersurat. Tokoh terkenl ulama salaf adalah Ahmad bin Hambal. Nama lengkapnya, Ahmad bin Muhamad bin Hambal, Ia dilahirkan di Bagdad, Rabiul Awwal 164/November 780 M dan wafat ditempat yang sama, 12 Rabiul Awwal 241 H/31 Juli 855 M.
Ahmad bin Hambal yang dikenal sebagai pendiri dan tokoh mazhab hambali adalah murid terpandai dan tercerdas diantara murid-murid Imam Syafi’i. Pada waktu kecil, ia belajar dibeberapa daerah: Bagdad, Syam, Hijaz, dan Yaman. Mazhab Hambali yang didirikan sampai sekarang masih eksis dan memiliki pengikut yang cukup banyak, Khususnya di Saudi Arabia.
Pada abad ketujuh Hijriyah, aliran ini mendapatkan kekuatan baru dengan adanya tokoh salafiyah yang terkenal diantaranya adalah Taqiyuddin Abu al-Abbas Ahmad bin Abdul Halim bin Abd al-Salam bin Abdullah  bin Muhammad bin Taimiyah al-Hambali, atau lebih dikenal dengan nama IbnuTaimiyah dan Ibnu Qoyyim Al Jauziyah.
Ibnu Taimiyahlahir di Harran, Damaskus (Syiria), 10 Rabiul awal 661 H 22 Januari 1263 M dan wafat di Damaskus dalam usia 66 tahun.
Dia  adalah seorang teolog dan ahli hukum yang banyak menghasilkan karya tulis. Diperkirakan jumlahkarya tertulisnya sekitar 300 sampai dengan 500 buah, berukuran besar dan kecil. Karya-karyanya yang terkenal adalah al-Siyasah  al- Syar’iyyah fi Ishlah al-Ra’iy wa al-Ra’iyyah, minhaj al-Sunnah al-Nabawiyah fi Naqd Kalam al-Syi’ah wa al-qadariah ,dan al-Hisbah fi al-Islam . Sebagian karya tulisanya dihimpun oleh Abd al-Rahman bin Muhammad bin Qasim dalam Majmu Fatawa Ibn  Taimiyah dalam bukunya setebal 31 jilid.
Sebenarnya, Muhammad bin Abdul wahab (Wahabi) juga tokoh gerakan salafiyah pada abad ke-12. Karena itu, biasanya Muhammad bin Abdul Wahab dikaitkan dengan Ibnu Taimiyah.
Pada abad ke-20 M gerakan salafiyah muncul dengan dimensi baru. Tokoh-tokohnya adalah kaum modernis yang terkenal di dunia Islam, seperti Jamaludin al-Afghani, Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha.
3. Pemikiran-pemikiran Salafiyah 
a)    Masalah Aqidah
Aliran Salaf mengakui keesaan Tuhan, mereka berusaha untuk mensucikan Tuhan dari segala sesuatu yang menyerupaiNya tanpa menhilangkan sifat-sifat yang dimilikiNya. Tuhan tetap mempunyai beberapa sifat dan Nama tanpa mempermasalahkan lebih jauh. Begitu pula tentang keyakinan sepenuhnya terhadap kerasulan Muhammad saw dan syafa’atnya bagi orang-orang yang beriman dikemudian hari.
  Selanjutnya mereka juga meyakini adanya hari kebangkitan sebagaimana yang diberitahukan oleh Al Qur’an dan hadis-hadis Nabi tanpa mempertanyakan lebih jauh. Begitu pula terhadap rukun Iman yang lain, mereka yakini sepenuhnya.
Aliran salaf hanya percaya kepada masalah aqidah yang ditunjukkan dan dikuatkan oleh nash Al Quran dan Hadits sebagai penjelasnya. Hal itu harus diterima tanpa ragu-ragu dan pantang untuk ditolak.
Dengan keseaan yang mutlak terhadap Tuhan maka aliran ini berpendapat:
a) Melarang mengangkat manusia, wali atau imam, hidup maupun yang sudah matisebagai perantara (wasilah) kepada Tuhan.
b) Melarang ziarah kepada kuburan orang-orang shaleh.
c) Melarang bernadzar kepada kuburan,penjaga atau penghuni kuburan.
Aqidah salaf mengenal dengan keesaan yang mutlak terhadap tuhan, yaitu Esa dalam dzat, sifat, penciptaan dan keesaan ibadah.
b)   Masalah Muamalat
Hukum mengenai masyarakat yang di bawa oleh Nabi Muhammad saw. berdasarkan pada:
i. Al Qur’an dan Sunnah mewajibkan permusyawaratan dalam menetapkan hukum
ii.  Al Qur’an memerintahkan berbuat adil, kebajikan, menciptakan rasa persamaan dan persaudaraan dengan memperhatikan prikemanusiaan. 
iii. Al Qur’an dan Sunnah mencegah peperangan yang bersifat permusuhan antara satu golongan dengan yang lain
iv.   Al Qur’an dan Sunnah berusaha memperbaiki nasib kaum wanita dan orang-orang yang miskin
v.    Al Qur’an dan Sunnah sudah menjelaskan perbedaan hak dalam masyarakat. 
vi. Adapun praktek dasar tersebut telah dicontohkan oleh Rasulullah, sahabat-sahabat dan tabi’in serta tabi’ tabi’in, dan dapat disesuaikan dengan perkembangan masyarakat tanpa menyalahi prinsip tersebut di atas. 
c)      Masalah Ilmu
i. Orang-orang Salaf hanya mempelajari dan mengamalkan ilmu yang bermanfaat
ii. Mereka menjauhkan diri dari ilmu pengetahuan yang memberi mudharat yang tidak ada sumbernya dari Al Qur’an dan Sunnah
iii. Mereka hanya menunjukkan ilmu yang bersumber dari al Qur’an dan Hadis
iv.  Mereka menghindari tentang hal mempersoalkan masalah qadar
Oleh karena itu, menurut mereka hanya ada tiga macam ilmu yaitu: Al Qur’an, hadis dan apa yang telah disepakati oleh orang-orang Islam. 
D. KESIMPULAN
Munculnya aliran salaf karena mulai adanya hal-hal baru yang berkaitan dengan ibadah maupun aqidah oleh beberapa aliran sebelumnya.
Aliran ini dipelopori oleh beberapa tokoh yaitu: Ahmad bin Hambal, Ibnu Taimiyah, Ibnu Qoyyim, Jamaludin al Afgani, Muhammad bin Abdul Wahab, Muhammad Abduh, dan Rasyid Ridha.
Corak pemikiran aliran salafiyah pada intinya menolak bid’ah dan kurafat, mereka berusaha menjernihkan atau memulihkan kejayaan sesuai dengan pemikiran yang diamalkan zaman dahulu atau zaman nabi, sahabat, dan tabiin. 
E. PENUTUP


Semoga makalah ini, bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Dan kami menerima saran, tambahan, dan kritik untuk upaya pengembangan yang lebih baik kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Menurutmu Bagaimana Blog Ini?

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.