Selasa, 24 Februari 2015

Keadaan Ahwal dalam Tradisi Tasawuf

KEADAAN JIWA (AHWAL) DALAM
TRADISI TASAWUF

Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Tasawuf Akhlaki
Dosen Pengampu: Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, M.A

 

Disusun Oleh:
Imam Muslim  (134111028)

FAKULTAS USHULUDDIN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
 SEMARANG
2014

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam tradisi tasawuf terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh  seorang sufi dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Bermacam-macam cara sufi dalam menggambarkan pengalaman perjalanan spiritual menuju Tuhan dan tentang peta perjalanan tersebut, sebagian menggambarkan dengan istilah maqamat atau stasiun-stasiun, atau tahap-tahap perjalanan. Ibarat seorang yang berjalan menuju sebuah kota, mereka harus melewati beberapa stasiun dengan tanda-tandanya yang harus mereka kenali dan juga harus mengetahui posisi mereka.
Terkadang, diantara para sufi memperoleh anugerah dari Tuhan, berupa keadaan jiwa, sehingga dia bisa mencapai titik kedekatan pada Tuhan. Anugerah tersebut, didapatkan atas karunia atau pemberian dari Tuhan. Inilah yang disebut dengan Hal atau Ahwal.
Dalam makalah ini, kami akan memberikan penjelasan tentang Hal atau Ahwal yang menjadi poin penting dalam tradisi tasawuf.

B. Rumusan Masalah
1. Apa Pengertian Hal (Ahwal)?
2. Apa Struktur-struktur Hal (Ahwal)?


BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Hal (Ahwal)
Ahwaladalah kata jamak dari hal, yakni keadaan atau karakter spiritual yang diberikan oleh Tuhan ketika seseorang melakukan perjalanan ruhani (spiritual) melalui maqam tertentu. Atau dengan arti lain bahwa hal adalah keadaan atau situasi kejiwaan. 
Secara terminologi Ahwal berarti keadaan spiritual yang menguasai hati,karena masuk dalam hati seseorang sebagai anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.
Menurut Jurjaniy, hal atau Ahwal  adalah pengalaman rohaniyah yang berlaku di dalam hati tanpa disengaja, dibuat-buat, dicari-cari, dan diusahakan.
Sedangkan menurut Abu Najib al-Suhrawardi, dia menjelaskan bahwa dikatakan hal, karena adanya keadaan ruhani itu selalu berpindah dan dikatakan maqam, karena adanya ketetapan atau kelanggengan.
Terlepas dari semua pengertian dan karakteristik dari Hal, banyak kalangan yang menyatakan bahwa jika dipahami lebih mendalam, pada dasarnya Hal tidak lebih dari manifestasi tercapainya maqam sesuai dengan hasil usaha spiritual yang sungguh-sungguh dengan amalan-amalan yang baik dan dengan penuh kepasrahan kepada Allah SWT.Meskipun Hal merupakan kondisi yang bersifat karunia, namun seseorang yang ingin memperolehnya tetap harus melalui upaya dengan memperbanyak amal baik dan ibadah.

2. Struktur Hal (Ahwal)
Struktur Hal atau Ahwal terdiri atas:
A. Muraqabah
Muraqabah berakar dari kata raqaba yang berarti mengawal, menjaga mengawal,menanti dan mengamati. Semuanya arti tersebut bisa disimpulkan sebagai pengawasan, karena apabila seorang mengawasi sesuatu dia akan mengamati, menantikan, menjaga dan mengawalnya. Dengan demikian muraqabah bisa diartikan sebagai pengawasan.Muraqabah dalam tradisi sufi adalah kondisi bathin dimana orang memosisikan dirinya pada keadaan waspada dan konsentrasi penuh, sehingga segala pikiran dan perasaannya selalu terfokus pada kesadaran diri yang mantap.
Dalam arti lain merupakan muraqabah adalahhal (keadaan) dimana seorang hamba menyadari bahwa dirinya selalu diawasi oleh Allah SWT. Muraqabah merupakan hal yang sangat penting, karena pada dasarnya segala perilaku peribadatan adalah dalam rangka muraqabah atau mendekatkan diri kepada Allah.
Ø Implementasi Muraqabah
  Al-Qusyairi menyebutkan bahwa seseorang bisa sampai pada keadaan  muraqabah, jika ia telah sepenuhnya melakukan perhitungan atau analisis terhadap perilakunya di masa lalu dan melakukan perubahan-perubahan menuju perilaku yang lebih baik
            Hal penting yang harus ditunjukan dalam muraqabah ini adalah konsistensi diri terhadap perilaku yang baik atau seharusnya dilakukan. Konsistensi dapat diupayakan dengan senantiasa mawas diri, sehingga tidak terjerumus atau terlena terhadap keinginan-keinginan sesaat. Seorang yang  muraqabah berarti menjaga diri untuk senantiasa menjadi yang terbaik sesuai dengan kodrat dan eksistensinya. Oleh karena itu seseorang yang melakukan muraqabah dibutuhkan disiplin yang tinggi, agar terwujudnya muraqabah tersebut.
            Kedisiplinan inilah yang akan mengantar seseorang menuju keadaan yang lebih baik dan menuju kebahagiaan yang hakiki. Sementara ketidakdisiplinan ditunjukan dengan sikap sembrono serta mudah terlena dengan kenikmatan-kenikmatan duniawi yang nisbi dan fana, yang semua itu akan dapat mendorongnya menuju kejatuhan padajurang kerendahan dan kehinaan.


B. Mahabbah 
Dalam pandangan tasawuf, mahabbah (cinta) mengandung arti keteguhan dan kemantapan. Seorang yang dilanda rasa cinta pada sesuatu tidak akan beralih atau berpaling pada sesuatu yang lain.
Menurut Abdullah al Qurasyi mengatakan hakikat cinta adalah bahwa engkau memberikan segenap dirimu kepada Dia yang engkau cintai, hingga tak sesuatupun yang tersisa.
Sedangkan menurut Muhammad bin Ali al-Katanny, mahabbah atau cinta adalah mengutamakan segalanya bagi sang kekasih.
Al Junayd mengatakan bahwa seorang yang dilanda cinta akan dipenuhi oleh ingatan pada sang kekasih, hingga tak satupun tertinggal, kecuali ingatan pada sang kekasih.
Ø Implementasi Mahabbah
            Ilustrasi tentang cinta juga dikemukakan oleh Ibnu Al-Arabi, bahwa mahabbahadalah bertemunya dua kehendak, yakni kehendak Tuhan dan kehendak manusia. Kehendak Tuhan, yakni kerinduanya untuk bertajalli dengan alam, sedangkan kehendak manusia adalah kembali pada esensinya sebagai wujud mulak Kesmpurnaan manusia,menurut Ibnu Al-‘Arabi sangat ditentukan oleh kesadaran manusia akan eksistensi dirinya sebagai satu kesatuan dengan eksistensi Tuhan.
Lebih jauh lagi sebenarnya kesadaran cinta mengimplikasikan sikap pecinta yang senantiasa konsisten dan penuh konsentrasi terhadap apa yana dituju dan diusahakan, dengan tanpa merasa berat dan sulit untuk mencapainya. Karena segala sesuatunya dilakukan dengan penuh kesenangan dan kegembiraan, tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan. Kesadaran cinta juga berimplikasi terhadap diri seorang pecinta dengan sikap penerimaanya terhadap segala apa yang ada dan terjadi dialam semesta. Sehingga segala sesuatu, baik yang bersifat positif yang berwujud kebaikan maupun negatif yang berbentuk kejahatan, kelebihan, dan kekurangan semua diterima dengan lapang dada. Seorang pecinta juga dapat melupakan segala sesuatu yang ada atau terjadi disekelilingnya karena kesadaran cintanya telah mendominasi dan memenuhi seluruh kesadaran psikologisnya.
C. Khauf 
Khauf(ketakutan) adalah sesuatu yang sangat tidak diharapkan akan terjadi, dan sesuatu yang diharapkan akan sirna. 
Khauf adalah kesakitan hati karena membayangkan sesuatu yang ditakuti, yang akan menimpa diri dimasa yang akan datang. Khauf dapat mencegah hamba berbuat maksiat dan mendorongnya untuk senantiasa berada dalam ketaatan.
Abu Hafs mengatakan bahwa khauf (takut) adalah pelita hati, karena dengan takut baik dan buruk hati seseorang akan tampak.
Pada prinsipnya takut yang dimaksudkan adalah perasaan takut yang ditimbulkan dari perbuatan yang dilakukan. Seseorang yang diliputi rasa takut, akan berbuat yang lebih baik agar kelak mendapatkan kebaikan pada waktu yang akan datang. Tindakannya selalu dengan pertimbangan kebaikan dalam jangka panjang, dan bukan hanya untuk kesenangan sesaat.
Ø Implementasi Khauf
            Banyak sekali ungkapan yang memberikan penjelasan tentang khauf (takut). Yakni antara lain ungkapan Abu Hafs yang menyatakan bahwa takut adalah pelita hati, dan dengan takut baik buruknya hati seseorang akan tampak. Sementara Abu Umar Al-Dimasyqi menegaskan, bahwa orang yang takut adalah yang takut akan dirinya sendiri, bahkan lebih takut dari takutnya pada setan. Ibnu Jalla’ berpandagan, bahwa manusia yang takut (kepada Allah) adalah dirinya merasa aman dari hal-hal yang menbuanya takut.
            Menurut Al-Wasithi, perasaan takut merupakan pengendali bagi diri seseorang dari perbuatan yang sia-sia. Karena ia akan senantiasa menjaga diri untuk selalu melakukan yang terbaik dengan tanpa adanya keraguan, ia merasa yakin bahwa usaha yang baik akan menghasilkan kebaikan pula. Ada pun puncak dari perasaan takut adalah sebuah kesadaran bahwa Allah menguasai wujud manusia yang paling dalam, yang pada akhirnya perasaan takut itu akan hilang dengan sendirinya, karena takut hanyalah akibat dari rasa inderawi yang bersifat manusiawi. Sebaliknya, sebagaimana dikatakan oleh Husain Ibnu Manshur Al-Hallaj, bahwa seorang yang takut kepada selain Allah SWT atau berharap kepada selain Allah  maka perasaan takut itu akan mendominasinya dan menutupi dirinya sampai berlapis-lapis. Ada pun lapisan yang paling tipis adalah keraguan.
Dari banyak ungkapan yang dikemukakan oleh ahli tasawuf di atas, dapat dipahmi bahwa takut yang dimaksud disini adalah perasaan takut akan akibat yang ditimbulkan dari perbuatan yang dilakukkan. Sehingga perasaan ini secara otomatis akan memberikan dorongann untuk melakukan yang terbaik, sehingga pada masa mendatang ia akan menerima yang baik pula.
D. Raja’
Raja’ dapat dikatakan kebalikan dari khauf. Khauf adalah takut sesuatu 
 akan terjadi, maka raja’ justru berharap sesuatu agar terjadi.
Ada perbedaan antara berharap (raja’) dengan berangan-angan (tamanni). Raja’ berarti menginginkan sesuatu agar dapat terjadi sesuai dengan keinginan, dengan usaha. Sementara berangan-angan adalah menginginkan sesuatu terjadi tanpa suatu usaha.
Ø Implementasinya seperti yang di ungkapkan Ibnu Khubaiq, dia  membagi harapan menjadi tiga:
a) Manusia yang melakukan amal kebaikan, dengan harapan amal baiknya akan diterima Allah SWT.
b) Manusia yang melakukan amal buruk, kemudian bertobat dengan harapan akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.
c) Orang yang menipu diri dengan terus menerus melakukan kesalahan dengan mengharapkan ampunan.
Harapan (raja’) akan membawa seseorang pada perasaan optimis dalam menjalankan segala aktifitasnya, serta menghilangkan segala keraguan yang menyelimutinya.
Untuk itu dasarankan bagi orang yang menyadari atau kejahatan yang dilakukanya, untuk lebih didominasi perasaan takut (khauf) dan bukan harapan (raja’). Rasa takut berfungsi sebagai peringatan atas akibat yang ditimbulkan oleh tindakan dimasa yang akan datang. Dan jika perasan takut dilengkaipi dengan harapan, akan dapat menimbulkan keberanian yang dapat menghancurkan segala penyakit yang ada dalam diri seseorang.[15] Harapan (raja’) akan membawa seorang pada perasaan optimis dalam menjalankan segala aktivitasnya, serta menghilangkan semua keraguan yang menyelimutinya. Dengan demikian dia akan melakukan segala akivitas terbaiknya dengan  penuh keyakinan.
E. Syauq
Rindu (Syauq) merupakan luapan perasaan seorang individu yang mengharapkan untuk senantiasa bertemu dengan sesuatu yang dirindukan atau yang dicintai, yaitu Allah SWT.
Ø Implementasi Syauq
Perwujudan rindu (shauq) kepada Allah adalah dengan kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan mendatangkan Allah dalam hati kita melalui cara sholat, berdzikir salah satunya dengan cara membaca Asmaul husna karena dengan cara-cara itulah kita bisa menghadirkan Allah dalam hati seseorang. Sholat dapat mencegah orang melakukan perbuatan keji dan mungkar, jika kita sering mengerjakan kemungkaran maka rasa rindu (shauq) akan dicabut dari hati kita sebab Allah hanya akan hadir di dalam hati yang suci atau bersih dari perbuatan keji dan mungkar. Dengan berdzikir secara terus menerus dalam keadaan apapun akan mengingatkan manusia kepada Allah sehingga manusia rindu akan kehadiran Allah di dalam hatinya. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari, manusia akan berhati-hati dalam tindakan dan tutur katanya agar tidak dibenci oleh Allah dan bisa mendekatkan diri kepada Allah.

F. Uns 
Ketika seseorang didekati dan diterima oleh apa yang paling didambakannya, ia akan merasakan suatu perasaan gembira dan senang yang teramat indah dalam jiwanya. Perasaan itu adalah uns. Kebahagiaan, kegembiraan, kesenangan, serta rasa sukacita yang membara karena merasakan kedekatan  dengan Allah yang sangat dicintainya.
Ø Implementasi Uns
            Keadaan semacam ini dapat di alami seseorang dalam situasi tertentu, misalnya menikmati indahnya alam semesta, merdunya kicauan burung, atau saat kita bercermin betapa sangat indahnya diri kita yang di mana seseorang atau sufi benar-benar menikmati atau merasakan keindahan Allah melalui ciptaanya. Cara ini dapat kita peroleh dengantadabur alam atau cammping spiritual.
Uns menurut Dr. H. Asep Usmar Ismail. MA dalam bukunya yang berjudul TASAWUF berarti keadaan jiwa dan seluruh ekspresi rohani terpusat penuh pada satu titik setrum, Allah. Tidak ada yang dirasa, tidak ada yang diingat, tidak ada yang diharap,kecuali Allah. Keadaan ini dapat diraih dengan cara berdiam diri di dalam masjid pada malam hari dan merenungi dosa-dosa yang telah ia lakukan selama ini.
G. Tuma’ninah
Tuma’ninah adalah keteguhan atau ketentraman hati dari segala hal yang dapat mempengaruhinya. Ibnu Qoyyim menukil sebuah hadits yang menyatakan “kebenaran adalah identik dengan ketentraman sedangkan kebohongan adalah identik dengan keraguan”. Yang dimaksud disini adalah bahwa kebenaran dapat menenangkan hati sedangkan kebohongan akan dapat menggoyahkan dan meragukan hati, hal ini menjadi contoh implementasi dari tuma’ninah.
H. Musyahadah
Secara psikologis, kondisi kejiwaan seorang yang musyahadah, senantiasa penuh dengan pencerahan dalam setiap ruang dan waktu. Seseorang yang mengalami musyahadah, jiwanya terang benderang, penuh dengan cahaya ketuhanan, seolah mampu mengubah malam yang gelap gulita menjadi terang benderang oleh cahaya kalbunya,
I. Al-Yaqin
Secara umum,al-yaqin adalah suatu kepercayaan atau keyakinan yang kuat dan tidak tergoyahkan tentang kebenran, berdasarkan kesaksian dari realitas yang ada.
Ø Implementasi al Yaqin
Di dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari segi agama, kadang kita percaya dan yakin akan adanya Allah SWT tetapi terkadang kita melalaikan akan ajaran perintah-Nya baik secara sadar maupun tidak sadar. Kalau kita cermati tentang masalah ini, terhadap orang yang melalaikan perintah-Nya bukan berarti orang tersebut tidak percaya akan adanya Allah. Kepercayaan dan keyakinan itulah yang disebut dengan Yaqin.


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Hal atau Ahwal berarti keadaan spiritual yang menguasai hati, karena masuk dalam hati seseorang sebagai anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.
Sedang struktur Ahwalterdiri atas muraqabah, mahabah, khauf, raja’, syauq, uns, tuma’ninah, musyahadah, dan al-yaqin.
B. Saran
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dan mampu memberikan ibrah atau khasanah intelektual terhadap pemahaman pembaca tentang pentingnya Ahwal dalam implementasi kehidupan sehari-hari.


DAFTAR PUSTAKA

Tohir, Moenir Nahrowi, Menjelajahi Eksistensi Tasawuf, Meniti Jalan Menuju Tuhan, Jakarta: PT. As-Salam Sejahtera, cet.I, 2012
Muhammad, Hasyim, Dialog antara Tasawuf dan Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, cet.I,  2002
Othman Napiah, Ahwal dan Maqamat dalam Ilmu Tasawuf, Malaysia: Universitas Teknologi Malaysia, cet.I, 2001
Amin, Abdul, Rusydi, Musdar, Terjemah Tazkiyatun Nafs, Jakarta: Pena Pundi Aksara, cet.III, 2006
Hakim, Mohammad Luqman, Terjemah Risalah Qusyairiyah, Induk Ilmu Tasawuf,Surabaya: Risalah Gusti, cet.I, 2000
Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, cet. IV, 2006
Masyhudi, In’ammuzahidin, Wali-Sufi Gila, Yogyakarta: Khazanah Pustaka Indonesia, cet. I, 2003
Chusnan, Masyitoh, Tasawuf Muhammadiyah: Menyelami Spiritual Leadership AR. Fahruddin, Jakarta: Penerbit Kubah Ilmu, cet.II, 2012
Anwar, Rosihon, Muktar Solihin, Ilmu Tasawuf, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2000



0 komentar:

Posting Komentar

Menurutmu Bagaimana Blog Ini?

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.