Selasa, 24 Februari 2015

Dalil-Dalil Ilmu Tauhid

DALIL – DALIL DALAM ILMU TAUHID

Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Tauhid
Dosen Pengampu : Drs. H. Ahmad Bisri, M. Ag

 

Disusun Oleh :
1. Imam Muslim  (134111028)
2. Puji Purwatiningsih (134111027)

FAKULTAS USHULUDDIN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SEMARANG
2013

DALIL – DALIL DALAM ILMU TAUHID

I. PENDAHULUAN
Tauhid adalah mengesakan Allah baik dari segi Dzat, Sifat dan Af’al-Nya, selain itu bahwa tauhid adalah meyakini bahwa Allah Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi – Nya. Kesaksian bahwa Allah Maha Esa dirumuskan atau dicantumkan dalam kalimat tauhid yaitu La ilaha illallah yang berarti tiada tuhan selain Allah, kalimat tersebut mengakui bahwa Allah Maha Esa.
Para ulama sependapat bahwa mempelajari ilmu tauhid sangat penting bagi setiap muslim, karena tauhid atau aqidah adalah dasar utama dan pertama, akan tetapi juga didasarkan kepada dalil Naqli yang bersumber dari  al Qur’an dan Hadis selain itu juga dari dalil Aqli yang bersumber dari akal manusia .
Dalil – dalil yang berupa dalil Naqli maupun Aqli adalah sebagai landasan atau dasar dalam memantapkan hati seseorang agar keimanannya tidak mudah tergoyahkan.

II. RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian Ilmu Tauhid?
2. Apa pengertian dalil Naqli dan Aqli?
3. Apa contoh dalil Naqli dan Aqli dalam kajian ilmu tauhid?

III. TUJUAN MAKALAH
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah agar pembaca mengetahui:
1. Pengertian Ilmu Tauhid 
2. Pengertian dalil Naqli dan Aqli
3. Contoh dalil Naqli dan Aqli dalam kajian ilmu tauhid

IV. PEMBAHASAN
1. Pengertian Ilmu Tauhid
Ilmu Tauhid adalah ilmu yang membahas tentang “Wujud Allah SWT”, tentang sifat – sifat wajib, sifat mustahil dan jaiz Allah SWT.
Ada pendapat lain tentang ilmu tauhid yaitu ilmu yang menerangkan sifat – sifat Allah yang wajib kita ketahui.
Sedangkan menurut Drs, H. Ahmad Bisri, M.Ag bahwa ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas tentang keesaan Allah dari segi Dzat, Sifat dan Af’al-Nya. Beliau berpendapat bahwa ilmu tauhid tidak sama dengan aqidah, karena ilmu tauhid mengkaji tentang praktik dari tauhid itu sendiri, tapi jika aqidah lebih mengkaji tentang kepercayaan. 
Pendapat lain yang diungkapkan adalah bahwa Allah itu Esa, maksudnya adalah bahwa Allah itu tidak bisa dibagi – bagi, Allah tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, tidak ada yang menyamai dengan diri-Nya.
Mengapa dinamakan ilmu tauhid? Jawabannya adalah karena bagian yang terpenting dalam menetapkan sifat “wahdah” (satu) bagi Allah dalam dzat-Nya dan perbuatan-Nya dalam menciptakan alam semesta ini.
Sedangkan pengertian tauhid adalah mengetahui atau mengenal Allah Ta’ala, mengetahui dan meyakini bahwa Allah Ta’ala itu tunggal dan tidak ada sekutu bagi-Nya.

2. Pengertian dalil Aqli maupun Naqli
Dalil Naqli adalah bukti – bukti hukum atau ketentuan  syari’at islam yang kebenarannya berasal dari al Qur’an dan al Hadis. 
Sedangkan dalil Aqli adalah bukti – bukti kebenaran syari’at islam yang berasal dari hasil pemikiran akal (otak) manusia yang logis, yang dibuktikan secara ilmiah, namun digunakan setelah dalil naqli. 
Dalam penentuan sebuah hukum, sebuah aturan syari’at islam sangat diperlukan dalil Naqli atau dalil yang bersumber dari al Qur’an dan Hadis dalam memperkuat dan  i’jaz (mematahkan argumen – argumen yang berlawanan dengan al Qur’an maupun al Hadis) dan dalil Aqli atau dalil yang bersumber dari akal (otak) atau hasil dari pemikiran manusia.
3. Contoh dalil  Naqli dan Naqli dalam ilmu tauhid
a.  Iman kepada Allah
Seorang yang beriman kepada Allah adalah yang membenarkan adanya Tuhan yang Maha Agung, Tuhan yang Maha Pencipta langit dan bumi, dan Raja segala sesuatu. Tiada tuhan melainkan Allah, Dialah yang Maha Agung, yang memilki sifat – sifat maha sempurna. Untuk pertama kalinya kita mendapat petunjuk dari-Nya, kemudian petunjuk untuk beriman itu kita peroleh melalui dalil Aqli dan dalil Naqli.

1. Dalil Naqli
Di dalam al Qur’anul Karim, Allah memberitakan tentang keberadaan, pengaturan, nama dan sifat – sifat-Nya. Selain itu juga tentang keEsaan Allah SWT. Firman Allah SWT,
žcÎ) ãNä3­/u ª!$# Ï%©!$# t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur Îû Ïp­GÅ 5Q$­ƒr& §NèO 3uqtGó$#n?tã 
ĸóyêø9$# ÓÅ´øóムŸ@ø©9$# u$pk¨]9$# ¼çmç7è=ôÜtƒ $ZWÏWym }§ôJ¤±9$#ur tyJs)ø9$#ur tPqàfZ9$#ur ¤Nºt¤|¡ãB
 ÿ¾Ín͐öDr'Î/ 3 Ÿwr& ã&s! ß,ù=sƒø:$# âöDF{$#ur 3 x8u$t6s? ª!$# >u tûüÏHs>»yèø9$# ÇÎÍÈ   
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Tuhan semesta alam”. (QS. Al A’raf: 54)
  Dan ditambah dengan firman Allah QS. At Thaha: 14
ûÓÍ_¯RÎ) $tRr& ª!$# Iw tm»s9Î) HwÎ) O$tRr& ÎTôç6ôã$$sù ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ü̍ò2Ï%Î! ÇÊÍÈ   
Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat aku”.
Ayat al Qur’an yang berkenaan dengan keagungan dan untuk mengingat nama – nama dan sifat-Nya, Allah berfirman dalam QS. Al Hasyr: 22 – 24
uqèd ª!$# Ï%©!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ( ÞOÎ=»tã É=øtóø9$# Íoy»yg¤±9$#ur ( uqèd ß`»oH÷q§9$# ÞOŠÏm§9$# ÇËËÈ
   uqèd ª!$# Ï%©!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd à7Î=yJø9$# â¨rà)ø9$# ãN»n=¡¡9$# ß`ÏB÷sßJø9$# ÚÆÏJøygßJø9$#
 âƒÍyèø9$# â$¬6yfø9$ çŽÉi9x6tGßJø9$# 4 z`»ysö6ß «!$# $£Jtã šcqà2ÎŽô³ç ÇËÌÈ  uqèd ª!$# ß,Î=»yø9$# 
äÍ$t7ø9$# âÈhq|ÁßJø9$# ( ã&s! âä!$yJóF{$# 4Óo_ó¡ßsø9$# 4 ßxÎm7|¡ç ¼çms9 $tB ÎûÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur ( uqèdur 
âƒÍyèø9$# ÞOŠÅ3ptø:$# ÇËÍÈ  

22. Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
23. Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.
24. Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai asmaaul Husna. bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

2. Dalil Aqli 
a. Wujud macam – macam alam, juga mahluk menjadi bukti adanya pencipta karena selain diri-Nya (Allah), tidak ada yang mengaku telah menciptakan ini semua. Akal manusia mustahil mengatakan bahwa adanya sesuatu itu tak ada yang menciptakan. Alam semesta yang begitu luas dan terdiri dari  langit, planet, matahari, bintang – bintang, bulan dan seluruh isinya. Padahal semuanya berbeda serta jarak masing – masing berjauhan dan berputar. Semuanya tidak akan ada tanpa adanya pencipta, yaitu Allah SWT.

b. Iman kepada Malaikat
1. Dalil Naqli
Allah memerintahkan kepada manusia untuk beriman kepada Malaikat, sebagaimana firman Allah dalam QS. An Nisa’: 136
 `tBur öàÿõ3tƒ «!$$Î/ ¾ÏmÏFs3Í´¯»n=tBur ¾ÏmÎ7çFä.ur ¾Ï&Î#ßâur ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# ôs)sù ¨@|Ê Kx»n=|Ê 
#´Ïèt/ ÇÊÌÏÈ   
“Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab- kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian, Maka Sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya”.
$tBur !$uZù=yèy_ |=»ptõ¾r& Í$¨Z9$# žwÎ) Zps3Í´¯»n=tB   $tBur $uZù=yèy_ öNåksE£Ïã žwÎ) ZpuZ÷FÏù tûïÏ%©#Ïj9 (#rãxÿx. 
`É)øŠtFó¡uŠÏ9z tûïÏ%©!$# (#qè?ré& |=»tGÅ3ø9$# yŠ#yŠ÷tƒur tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä $YZ»uKƒÎ)   Ÿwur z>$s?ötƒ tûïÏ%©!$# #qè?ré&
 |=»tGÅ3ø9$#bqãZÏB÷sßJø9$#ur   tAqà)uÏ9ur tûïÏ%©!$# Îû NÍkÍ5qè=è% ÖÚz£D tbrãÏÿ»s3ø9$#ur !#sŒ$tB yŠ#ur& ª!$# #x»pkÍ5 
WxsWtB 4 y7Ï9ºxx. @ÅÒムª!$# 
“Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari Malaikat: dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu melainkan untuk Jadi cobaan bagi orang-orang kafir, supaya orang-orang yang diberi Al-Kitab menjadi yakin dan supaya orang yang beriman bertambah imannya dan supaya orang-orang yang diberi Al kitab dan orng-orang mukmin itu tidak ragu-ragu dan supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan): "Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai suatu perumpamaan?" Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri. dan Saqar itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia.
Beberapa ayat diatas menjelaskan betapa pentingnya beriman kepada Malaikat Allah SWT.
2. Dalil Aqli
a. Jika sekiranya peninggalan sesuatu itu bisa menjadi bukti adanya Malaikat, maka para malaikatpun mempunyai peninggalan yang tegas yang membuktikan keberadaannya dan menguatkannya diantaranya:
i. Sampainya wahyu kepada para Nabi, karena padaumumnya wahyu itu disampaikan oleh Ruh al-Amin Jibril a.s yang mempunyaikekuasaan sebagai wakil Allahuntuk menyampaikan wahyu.
ii. Meninggalnya makhluk hidup melalui para malaikat. Semua itu menunjukkan adanya malaikat.
Allah berfirman,
 ö@è% Nä39©ùuqtGtƒ à7n=¨B ÏNöqyJø9$# Ï%©!$# Ÿ@Ïj.ãr öNä3Î/ ¢OèO 4n<Î) öNä3În/u 
šcqãèy_öè? ÇÊÊÈ    
“Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan."

c. Iman kepada hari Akhir
Kita percaya bahwa hari akhir pasti ada dan akan terjadi, semua yang ada dibumi ini akan kemudian datanglah kehidupan yang kedua, Allah membangkitkan makhluk, mengumpulkan mereka semuanya di alam makhsar untuk dihitung kabaikan dan keburukannya.


1. Dalil Naqli
Firman Allah dalam QS. Ar Rahman : 26 - 27
@ä. ô`tB $pköŽn=tæ 5b$sù ÇËÏÈ   4s+ö7tƒur çmô_ur y7În/u r茠È@»n=pgø:$# ÏQ#tø.M}$#ur ÇËÐÈ   
26.  Semua yang ada di bumi itu akan binasa.
27. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan     kemuliaan.
y7Ï9ºxx.ur !$uZøŠym÷rr& y7øs9Î) $ºR#uäöè% $|Î/ttã uÉYçGÏj9 ¨Pé& 3tà)ø9$# ô`tBur $olm;öqym uÉZè?ur tPöqtƒ 
ÆìôJpgø:$# Ÿw |=÷ƒu ÏmŠÏù 4 ×,ƒÌsù Îû Ïp¨Ypgø:$# ×,ƒÌsùur Îû ÎŽÏè¡¡9$# ÇÐÈ   
Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada Ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.
Dalam ayat al Qur’an dalam QS Az Zalzalah menggambarkan betapa mengerikannya hari akhir. Firman Allah,
#sŒÎ) ÏMs9Ìø9ã ÞÚöF{$# $olm;#tø9ΠÇÊÈ   ÏMy_t÷zr&ur ÞÚöF{$# $ygs9$s)øOr& ÇËÈ   tA$s%ur ß`»|¡RM}$#
 $tB $olm; ÇÌÈ   7Í´tBöqtƒ ß^ÏdptéB $ydu$t7÷zr& ÇÍÈ   ¨br'Î/ š­/u 4Óyr÷rr& $ygs9 ÇÎÈ   7ͳtBöqtƒ âßóÁtƒ 
â¨$¨Y9$# $Y?$tGô©r& (#÷ruŽãÏj9 öNßgn=»yJôãr& ÇÏÈ   `yJsù ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB >o§sŒ #\øyz ¼çnttƒ ÇÐÈ   `tBur ö@yJ÷ètƒ 
tA$s)÷WÏB ;o§sŒ #vx© ¼çnttƒ ÇÑÈ
1.    Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
2. Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3.    Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",
4.    Pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5. Karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
6. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,
7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.
8. Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan) nya pula.

2. Dalil Aqli
a. Terjadinya kebangkitan kembali manusia dari kubur yang dipercayai oleh masyarakat pada umumnya, dan juga  masalah pahala tidak bisa ditolak oleh akal. Dan akal manusia juga meyakini adanya pahala dan hari kebangkitan.
b. Adanya kehidupan dunia, kebahagiaan dan lain sebagainya menandakan atau telah menjadi bukti adanya kehidupan lainnya dialam akhirat.

4. KESIMPULAN
 Ilmu Tauhid adalah ilmu yang membahas bahwa Allah itu Esa, maksudnya adalah bahwa Allah itu tidak bisa dibagi – bagi, Allah tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, tidak ada yang menyamai dengan diri-Nya.
Dalil Naqli adalah dalil – dalil yang kebenarannya berasal dari al Qur’an dan al Hadis. Sedangkan dalil Aqli adalah bukti – bukti kebenaran syari’at islam yang berasal dari hasil pemikiran akal (otak) manusia yang logis, yang dibuktikan secara ilmiah, namun digunakan setelah dalil naqli. 
Beberapa contoh dalil Naqli dan Aqli diatas diharapkan kita dapat memahami arti pentingnya ilmu pengetahuan tentang agama dan yang terpenting adalah mengetahui sumber – sumber hukum yang akan dijadikan sebagai pegangan hidup.
Oleh karena itu, ilmu tauhid sangat penting bagi kehidupan manusia, karena tauhid adalah dasar kepercayaan utama yang harus ada dalam hati dan keyakinan umat manusia.

5. PENUTUP
Dengan membaca makalah ini, disarankan agar pembaca dapat mengambil manfaat tentang ilmu tauhid, dalil – dalil Naqli maupun Aqli dan mengetahui contoh – contoh dalil Naqli maupun Aqli dalam kajian ilmu tauhid, selain itu diharapkan isinya dapat dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Kritik dan saran kami butuhkan demi perbaikan makalah untuk selanjutnya, semoga bermanfaat.






DAFTAR PUSTAKA

Abduh, Syekh Muhammad, Risalah Tauhid, Cet. 9, Jakarta: PT Bulan Bintang, 1992
El Jazairi, Abu Bakar Jabir, Minhajul Muslim, Cet. 2, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 1993
Ya’qub, Dr. H. Hamzah, Ilmu Ma’rifah, Jakarta: PT Bina Ilmu, 1978
Mu’in, Prof. K.H.M. Taib Thahir Abdul, Ilmu Kalam, Cet. 9, Jakarta: PT Bumi Restu, 1992
Hasan, Ahmad, At Tauhied, Cet. 14, Bandung: CV. Diponegoro, 1992

0 komentar:

Posting Komentar

Menurutmu Bagaimana Blog Ini?

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.